Harga perangkat komputer naik?

Lagi ada kebutuhan beli portable hardisk USB, udah siap-siap nih bawa duit Rp. 500.000,- untuk yang kapasitas 500 Giga. Udah sampai toko komputer, hampir semua toko harganya naik, walaupun lagi ada pameran komputer, harga pameran pun sama mahalnya. Harga perangkat komputer naik?

Pulang ke rumah sambil bertanya-tanya, ada apa kok semua hardware komputer rata-rata naik harganya? Setelah browsing, ternyata salah satu penyebabnya adalah terjadinya banjir berkepanjangan di Thailand, loh ada apa dengan Thailand? Ternyata hampir semua vendor Hardisk pabrikasinya ditempatkan di Thailand? Saya juga masih bingung kenapa mereka memilih Thailand ya?

Ternyata terpusatnya pabrikasi hardisk di Thailand lumayan membawa dampak sistemik bagi kenaikan harga komputer secara keseluruhan. Untuk mengatasinya para produsen komputer membeli hardisk di pasar gelap yang tanpa lisensi distributor, sehingga para pemain pasar gelap bisa memainkan harga karena memang tidak ada aturan. Yang ada hanya aturan resource and demand.

Harga perangkat komputer naik? Sampai kapan ya harganya bakalan normal kembali? Dan sampai kapan pula kita bisa memproduksi sendiri perangkat-perangkat IT secara keseluruhan? Ngga elektornik engga bahan pokok diimpor, alhamdulillah saya sudah mulai tanam singkong dan tebu di kebun rumah, jaga-jaga kalau harganya naik juga… hehehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s