Blog STISI Telkom

Blog STISI Telkom

Download dokumen :

Laporan Pelatihan Blog STISITelkom PDF

Laporan Pelatihan Blog STISITelkom DOC

Laporan Pelatihan Blog STISITelkom DOCX

SUMMARY

Blog STISI Telkom

 

Divisi Sistem Informasi STISI Telkom telah selesai menerapkan aplikasi blog yang berfungsi sebagai salah satu wadah (web based) kegiatan belajar mengajar bagi seluruh sivitas akademik dan wadah untuk mencurahkan ide atau pun gagasan baik dalam ruang lingkup akademik maupun di luar akademik.

Sistem blog dipilih menggunakan aplikasi opensource yang telah banyak digunakan didunia blog, yaitu aplikasi WordPress. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna dapat dengan mudah melakukan aktivitas blogging karena telah banyak tutorial yang membahas aplikasi tersebut di internet.

Aplikasi blog STISITelkom diberi istilah ¨Creative Preneur STISI Telkom Bloggers Network¨, diharapkan dengan istilah tersebut akan terbentuk insan-insan kreatif yang memiliki jiwa wirausaha di kalangan sivitas akademika STISI Telkom.

Untuk setiap user/account diberikan kapasitas sebesar 5 Megabyte dan diperbolehkan untuk mengupload file dalam format jpg, png, doc, docx, ppt, pptx, xls, xlsx, pdf, dan zip.

Mengapa Blog STISI Telkom ?

Kegunaan Blog di institusi STISI Telkom yaitu :

  1. Meningkatkan peringkat webometrics STISI TELKOM,

  2. Meningkatkan pengetahuan sivitas akademika dalam dunia blogging,

  3. Menerapkan blog dalam kegiatan akademik dan diluar akademik,

  4. Menerapkan blog sebagai tempat mencurahkan ide atau gagasan,

  5. Menerapkan blog sebagai tempat pemantapan hasil penelitian (mengklaim hasil karya dan melindungi HAKI suatu karya pribadi),

  6. Memberikan sebuah wadah untuk para mahasiswa di STISI TELKOM dalam pengumpulan tugas (electonic paper),

  7. Pemicu kegiatan web based learning.

Webometric

Webometrics adalah tujuan utama sebenarnya dari dibangunnya aplikasi blog STISI Telkom. Ada keterkaitan antara kontent website lembaga pendidikan dengan webometrics.

Webometrics merupakan inisiasi dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset di Spanyol. Webometrics digunakan untuk menilai atau mengukur performansi website sebuah Perguruan Tinggi (PT) yang mencerminkan seluruh aktifitas dari PT dan Sivitas akademika terkait dengan kegiatan pengajaran, penelitian dan kegiatan akademik yang lain. Sejak tahun 2004, peringkat webometric diumumkan dua kali setiap tahunnya (Tangga 1 Januari dan 1 Juli), yang mencakup lebih dari 20.000 PT di seluruh dunia. Desain web dan jumlah pengunjung terhadap website tidak dijadikan perhitungan dalam menentukan peringkat webometric namun pengukuran dilakukan terkait dengan isi atau file yang diterbitkan terutama dokumen-dokumen akademik dan relevansinya, salah satunya adalah publikasi ilmiah. Sebagaimana yang dilansir situs http://www.webometrics.info, peringkat webometric sangat berkorelasi tinggi dengan Rankings lainnya, terutama yang berdasarkan hasil penelitian. Beberapa PT telah menggunakan webometrics sebagai indikator pencapaian World Class University (WCU), sehingga berlomba-lomba untuk menempatkan ranking tertinggi di Webometric. Dalam hal ini, PT yang satu akan dianggap kompetitor dari PT yang lain.

¨peringkat webometric diumumkan dua kali setiap tahunnya (Tangga 1 Januari dan 1 Juli)¨

Parameter Penilaian Webometrics

Size (S)

Adalah banyaknya halaman dalam suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Google, Yahoo, Bing/ Live Search, Exalead. Cara mengukur

Visibility (V)

Visibility adalah banyaknya link dari luar ke suatu domain yang diindeks oleh mesin pencari Yahoo. Namun karena sekarang Yahoo sudah merger dengan Bing (Microsoft) maka visibility hanya bisa dilakukan melalui input sitemap di webmaster Bing.

Rich Files (R)

Rich files adalah banyaknya file PDF, PS, DOC, dan PPT dalam suatu domain yang diindeks oleh Google. Cara Mengukur : Masuk situs http://google.com(pastikan tidak di-direct ke http://google.co.id) lalu untuk masing-masing jenis file, lakukan pecarian dengan kata kunci berikut ini:

  • file adobe reader (*.pdf) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:pdf

  • file postscript (*.ps) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:ps

  • file office word (*.doc) ketik site:[alamat domain] [spasi]filetype:doc

  • file office powerpoint (*.ppt) site: [alamat domain] [spasi]filetype:ppt

Scholar (Sc)

Scholar ( Sc) adalah banyaknya karya ilmiah dalam suatu domain yang diindeks oleh Google Scholar. Cara Mengukur : Masuk ke url: http://scholar. google.com. Ketikan parameter berikut: site:[alamat domain] parameter : articles and patents, since 1992, dan includes citations

Parameter baru yang ditambahkan untuk penilaian 2012 adalah G-Factor dan Scimago.

Pelatihan Blog STISI Telkom

Sosialisasi blog STISI Telkom dilakukan dengan mengadakan pelatihan di lingkungan STISI Telkom khusus untuk dosen dan staf, dalam pelatihan tersebut (bersertifikat) peserta diberikan materi mengenai tata cara penggunaan blog dengan Control Panel WordPress yang dibawakan oleh Wakil Ketua 1 STISI Telkom Bapak Danang Mursita.

Silahkan download materi pelatihan :

Materi 1 Materi 2 Materi 3 Materi 4 Materi 5 Materi 6

Materi 7 Materi 8 Dokumentasi Photo STISI Telkom Toolbar (Mozilla)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s