Perhitungan Usaha Warnet

Usaha warnet sekarang ini (2012) hampir menyerupai usaha wartel memasuki tahun 2000-an. Karena sudah banyak yang memiliki akses internet maka warnet hanya dilirik untuk akses internet dengan kebutuhan upload/download file yang besar atau hanya untuk main games online.

Saya pribadi saat ini akses internet banyak dilakukan melalui media handphone karena sudah semakin canggihnya teknologi smart phone, sehingga provider selular pun beramai-ramai menawarkan paket internet untuk penggunaan perangkat selular. Selain melalui handphone, penawaran akses internet murah juga banyak ditawarkan melalui modem 3G dan EVDO. Paket yang ditawarkannya dari time based hingga volume based. Bagi masyarakat dengan mobilitas tinggi maka pilihan akases internet melalui smart phone dan modem ini merupakan pilihan yang paling pas. Dibandingkan harus mengunjungi warnet untuk sekedar akses email atau browsing.

Tingginya persaingan di provider internet fixed line (telephone & fiber optic) dan broadband pun sangat mempengaruhi pengurangan kunjungan warnet. Karena dengan semakin murahnya paket internet yang ditawarkan ke masyarakat (home user), maka masyarakat semakin mampu untuk memiliki akses internet di rumahnya masing-masing.

Hal-hal tersebut diatas saat ini tentu sangat memberikan banyak pilihan cara akses internet bagi masyarakat Indonesia.

Melihat dari sudut pandang tersebut alangkah baiknya bagi para pengusaha warnet yang telah berjalan maupun akan memulai, untuk benar-benar memperhitungkan harga sewa warnetnya.

Terlampir dalam dokumen spreedsheat adalah kalkulasi harga sewa yang telah disesuaikan dengan kebutuhan modal dan pengeluaran biaya operasional. Dokumen tersebut mereferensi pada dokumen capex opex Pak Irwin Day selaku Ketua Umum AWARI.

capex-opex-warnet capex-opex-warnet.ods capex-opex-warnet

 

Semoga dengan kalkulasi perhitungan usaha warnet yang benar dan terukur (belum tentu pas, namun bisa menjadi patokan), usaha warnet anda insyaAllah dapat bertahan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s