Yang Ada di Dalam Pikiran Manager yang Hebat

Setiap orang biasanya memiliki manajer yang menurutnya hebat dan tidak hebat. Anda pasti penasaran, apa sih yang ada di dalam pikiran para manajer yang “hebat”?

 

Untuk mengetahui hal tersebut, David DiSalvo, kontributor Forbes, mengadakan riset dengan mewawancarai sejumlah “Great Manager” di beberapa perusahaan. David menemukan beberapa hal penting yang dimiliki oleh seorang manager yang hebat:

 

  • Bagi manajer yang hebat, manajemen bukanlah pekerjaan tetapi bagian dari hidup mereka. Beberapa orang sepertinya memang dilahirkan untuk menjadi manajer yang hebat. Mereka tidak pernah berpikir tentang bagaimana ia terlihat begitu natural dan terhubung dalam mengatur orang dan proyek, sampai seseorang menanyakannya. Bagi tipe pemimpin dengan bakat manajerial seperti ini, mereka tak akan menganggap manajer sebagai sebuah pekerjaan. Tetapi mereka memang senang bekerja dengan orang-orang yang baik dan mewujudkan tujuan mereka bersama.

 

  • Hanya dua alasan yang membatasi akses komunikasi dengan manajer yang hebat.Bagi manajer yang baik, komunikasi dan aksesibilitas dengan stafnya memiliki peran yang vital. Mereka akan melakukan apapun untuk menjaga hubungan tersebut, kecuali untuk dua hal, yakni deadline dan pekerjaan. Mereka tahu kapan harus menyelesaikan deadline yang sangat penting. Dia pun tahu, ketika ia tidak menyelesaikan pekerjaan, maka akan terjadi kekacauan. Jadi, seorang manajer yang efektif tahu kapan ia harus menghentikan sementara jadwalnya.

 

  • Manajer yang hebat tidak pernah merendahkan stafnya. Mempermalukan dan merendahkan staf di hadapan banyak orang kerap kali ditemukan di setiap perusahaan. Alasannya sama, para manajer melakukannya karena merasa tidak aman (insecure) dengan kontrol dan pengaruhnya. Bahkan, perilaku merendahkan ini sering kali dilakukan tanpa alasan yang jelas. Seorang manajer yang buruk tidak memiliki kesadaran betapa tindakannya dapat merusak kepercayaan stafnya.

 

  • Manajer yang hebat selalu merayakan prestasi yang luar biasa dan mengucapkan selamat untuk sukses yang dicapai setiap hari. Sebuah prestasi yang luar biasa ataupun kesuksesan dalam mencapai target harian, tidak akan pernah dilewatkan begitu saja oleh seorang manajer yang hebat. Mereka akan berpikir, sebuah keberhasilan sekecil apapun adalah sebuah kesempatan dan peluang, sehingga patut untuk dirayakan dan diapresiasi.

 

  • Sebelum membuat keputusan, manajer yang hebat akan selalu merujuk pada pengalamannya sebelumnya. Manajer yang hebat bisa menjadi manajer karena mereka telah melakukan pekerjaannya dengan baik sehingga diperhatikan oleh atasan dan diberikan tanggung jawab atas staf yang lain. Harus diakui, seorang pekerja yang baik performanya, belum tentu mampu untuk menjadi pemimpin yang juga memiliki peforma baik. Sering kali, keputusan diambil berdasarkan formula pendekatan “one-size-fits-all” (satu untuk semua). Mereka berpikir, perannya adalah mendikte secara generalNah, pemimpin yang hebat tak akan berpikir seperti itu. Mereka akan melihat pengalaman-pengalaman pribadinya yang cukup luas untuk mengambil keputusan yang mempengaruhi banyak orang. Dia belajar bukan hanya dari pengalaman suksesnya, tetapi juga dari pengalaman gagal agar tidak kembali terulang.

 

  • Pemimpin yang hebat lebih senang dikenal sebagai “Kontributor yang Hebat” ketimbang “Orang Hebat”. Seorang eksekutif yang efektif akan selalu bertanya kepada dirinya sendiri, “Apa yang bisa saya kontribusikan?” Ya, di sinilah perbedaan antara pikiran manajer yang hebat dengan manajer yang biasa. Setiap hari, manajer sebagai pemimpin akan mencari cara untuk membuat tim, proyek, dan organisasinya menjadi lebih baik. Proses secara simultan untuk terus berkontribusi ini telah menjadi bagian dari kehidupan normal mereka, yang kemudian mempengaruhi cara berpikir dan pola hidup keseharian mereka.

 

  • Manajer yang hebat akan rela menyerahkan tongkat kepemimpinannya. Berbeda dari cara berpikir manajer yang umumnya takut digantikan, seorang manajer yang hebat justru berpikir sebaliknya. Mereka tidak akan pernah kehilangan ambisi, dan justru mengejar ambisi mereka. Dengan begitu, para manajer ini akan selalu menyiapkan pengganti mereka, tanpa merasa bahwa proses ini adalah pekerjaan orang lain.

 

  • Seorang manajer yang hebat sudah pasti seorang pemimpin, apapun julukannya.Meski banyak buku bisnis yang membedakan manajemen dengan kepemimpinan, namun menurut pengamatan David, seorang manajer yang hebat sudah menjadi seorang pemimpin yang berkualitas. Alasannya, mereka secara alami memiliki karakter dan jiwa pemimpin yang hebat. Materi kepemimpinan inilah yang membuat mereka menjadi sangat dihormati dan dipercaya hingga mampu mengambil keuntungan dari setiap keputusan bijak yang akan berdampak pada banyak hal.

 

Ditulis ulang oleh Era Azelia dari artikel di Forbes.

Gambar: eosworldwide.com

Yang Ada di Dalam Pikiran Manager yang Hebat

Friday, 02 November 2012 08:38 | Written by Era Azelia

Sumber : http://url.stisitelkom.ac.id/97846

 
www.stisitelkom.ac.id www.di.stisitelkom.ac.id www.ktm.stisitelkom.ac.id
www.dkv.stisitelkom.ac.id www.dp.stisitelkom.ac.id www.srm.stisitelkom.ac.id
www.blog.stisitelkom.ac.id www.multimedia.stisitelkom.ac.id
www.elearning.stisitelkom.ac.id www.library.stisitelkom.ac.id
www.repository.stisitelkom.ac.id www.cloudbox.stisitelkom.ac.id
www.digilib.stisitelkom.ac.id www.mirror.stisitelkom.ac.id
www.sisfo.stisitelkom.ac.id www.hilfan.blog.stisitelkom.ac.id
www.telkomuniversity.ac.id www.stisitelkom.academia.edu
www.kuningmas-autocare.co.id www.usnadibrata.co.id www.askaf.co.id www.hilfans.wordpress.com www.hilfan-s.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s