Gita Wirjawan, Menggesitkan Birokrasi

Source : http://leadershipqb.com/index.php?option=com_content&view=article&id=8511:gita-wirjawan-menggesitkan-birokrasi&catid=39%:betti-content&Itemid=30

 

Lembaga pemerintahan akrab dengan birokrasi. Padahal, birokrasi identik dengan proses yang lamban, berbelit, dan tidak kreatif. Namun, belakangan ini muncul harapan baru bagi masyarakat Indonesia. Beberapa pemimpin baru masuk ke lingkungan pemerintahan dan mulai melakukan perubahan—melakukan transformasi birokrasi di lembaga pemerintahan menjadi lebih efisien dan inovatif. Salah satunya adalah Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan.

 

Dalam QB Leadership Series yang akan diadakan pada Rabu, 8 Agustus 2012, Gita Wirjawan akan hadir membagikan pengalamannya dalam menggesitkan birokrasi.

 

Gita Wirjawan lahir dengan nama lengkap Gita Irawan Wirjawan di Jakarta, pada 21 September 1965. Ayahnya, Wirjawan Djojosoegito, adalah seorang diplomat.

 

Gita yang hobi main golf dan bermusik mengambil kuliah administrasi bisnis di University of Texas, Amerika Serikat (AS), pada tahun 1992. Lulus S-1, ia bekerja sebagai bankir di Citibank.

 

Pada tahun 1999, Gita melanjutkan S-2 administrasi publik di Kennedy School of Government, Harvard University, AS. Ia lulus pada tahun 2000, kemudian bekerja di Goldman Sachs Singapura.

 

Pada tahun 2005, Gita pindah ke ST Telekomunikasi, Singapura. Setahun kemudian, ia berpindah kerja ke JP Morgan Indonesia dan menjabat sebagai Direktur Utama.

 

Saat bekerja di JP Morgan, Gita sudah memprediksi akan terjadinya resesi ekonomi di AS yang bisa berdampak luas ke seluruh dunia. Karena itu, ia mulai bersiap mendirikan perusahaan investasi sendiri dan mengumpulkan dana untuk membeli saham-saham perusahaan yang diperkirakan akan jatuh akibat krisis global.

 

Pada 2008, Gita mundur dari JP Morgan dan mendirikan sebuah perusahaan investasi, yakni Ancora Capital. Mengandalkan koneksinya yang kuat, yang dia bangun sejak kuliah di Harvard, Gita bisa dengan mudah mengumpulkan investor.

 

Pada tahun 2009—2011, Gita menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM). Sebagai Kepala BKPM, ia mampu meyakinkan para investor asing untuk menanamkan modal mereka di Indonesia, dan berhasil meningkatkan realisasi investasi.

 

Gita bekerja dengan cepat. Ia juga membenahi keluhan-keluhan terhadap iklim investasi di Indonesia. Ia gencar berpromosi hingga ke luar negeri dan berhasil mengubah persepsi investor. Anda pernah melihat iklan-iklan ajakan berinvestasi di Indonesia yang tumbuh pesat, aman, dan stabil, di stasiun-stasiun TV berbayar? Itu adalah salah satu kebijakan Gita.

 

Di masa kepemimpinan Gita, website BKPM semakin ramah bagi user, investor, maupun para profesional. Terasa bahwa website itu bertujuan untuk menarik investor. Di BKPM, Gita juga menerapkan sistem one-stop-shop bagi para investor. Dia memangkas birokrasi untuk memudahkan investor.

 

Berkat track record yang baik, dalam resuffle kabinet pada Oktober 2011, Gita ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Salah satu keputusan penting yang dia ambil sebagai Mendag adalah mengenai kebijakan impor.

 

Pengalaman Gita lebih lanjut dalam melakukan transformasi di lembaga yang dia pimpin dapat Anda simak dalam acara QB Leadership Series. Informasi selengkapnya mengenai acara ini dapat Anda lihat di http://bit.ly/PH1w5A.

 

 

Foto: rattan-amkri.com

Thursday, 02 August 2012 23:43 | Written by Restituta Ajeng Arjanti

 

Gita Wirjawan, Menggesitkan Birokrasi

 
www.stisitelkom.ac.id www.di.stisitelkom.ac.id www.ktm.stisitelkom.ac.id
www.dkv.stisitelkom.ac.id www.dp.stisitelkom.ac.id www.srm.stisitelkom.ac.id
www.blog.stisitelkom.ac.id www.multimedia.stisitelkom.ac.id
www.elearning.stisitelkom.ac.id www.library.stisitelkom.ac.id
www.repository.stisitelkom.ac.id www.cloudbox.stisitelkom.ac.id
www.digilib.stisitelkom.ac.id www.mirror.stisitelkom.ac.id
www.sisfo.stisitelkom.ac.id www.hilfan.blog.stisitelkom.ac.id
www.telkomuniversity.ac.id www.stisitelkom.academia.edu
www.kuningmas-autocare.co.id www.usnadibrata.co.id www.askaf.co.id www.hilfans.wordpress.com www.hilfan-s.blogspot.com www.profesorjaket.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s