Manfaat Jejaring dan Cara Membangunnya

Source : http://leadershipqb.com/index.php?option=com_content&view=article&id=6196:manfaat-jejaring-dan-cara-membangunnya&catid=39%:betti-content&Itemid=30

 

Para pemimpin yang sukses bisa melihat peluang dan tahu siapa yang perlu diajak bekerja sama untuk merealisasikannya. Kemampuan ini timbul dari keterampilan membangun jejaring strategis.

Membangun kontak pribadi yang akan memberikan dukungan, masukan, insight, informasi, dan sumber daya adalah kemampuan yang perlu dibangun oleh semua pemimpin. Kemampuan membangun jejaring sering kali bukan masalah yang mudah bagi para manager yang sebelumnya meniti karir dari bawah dan mengandalkan kemampuan teknis dalam pekerjaannya. Ketika diberikan tantangan dan tanggung jawab yang lebih besar, tidak semua manager segera menangkap bahwa tanggung jawab ini menuntut kemampuan membangun relasi di atas kemampuan analitis.

Tiga Jenis Jejaring

Berdasarkan observasi, ada tiga jenis jejaring yang berbeda tetapi saling berhubungan, yaitu:

  • Jejaring Operasional, dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan internal saat ini.

Anda harus membangun hubungan kerja yang baik dengan semua pihak yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Yang termasuk dalam network operasional ini adalah semua anggota tim kerja, sesama kolega di kantor, serta semua tim internal yang mempunyai kemampuan untuk mendukung atau menggagalkan pekerjaan. Pihak luar, seperti pemasok, distributor, dan pelanggan termasuk juga dalam jejaring operasional.

Tujuan jejaring ini adalah untuk koordinasi dan kerja sama antara semua pihak yang harus saling mengenal dan saling percaya agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  • Jejaring Personal, diperlukan untuk pengembangan diri.

Melalui asosiasi profesi, ikatan alumni, dan berbagai perkumpulan, Anda dapat memperoleh perspektif baru yang dapat membantu untuk meningkatkan karir. Kontak yang dibangun dapat memberi referensi dan informasi; serta seringkali pengembangan diri melalui coaching dan mentoring. Datang ke pertemuan sosial yang tepat dapat membantu membangun jejaring personal ini. Agar efektif, disarankan sebelum menghadiri pertemuan, tanyakan siapa saja yang akan hadir dan lakukan riset kecil tentang latar belakang mereka sehingga Anda dapat mempersiapkan diri untuk memulai suatu pembicaraan.

Menurut prinsip six degrees separation, kontak personal kita sangat berharga dalam menjangkau orang yang memiliki informasi yang kita butuhkan secepat mungkin.

  • Jejaring Strategis, membuka mata Anda pada arah bisnis baru dan para pemangku kepentingan yang perlu dilibatkan.

Ketika Anda naik ke posisi pimpinan suatu unit bisnis, Anda harus mulai memperhatikan masalah strategis yang lebih luas. Relasi lateral dan vertikal dengan pimpinan unit bisnis lain serta pihak-pihak di luar unit bisnis Anda menjadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana unit bisnis yang Anda pimpin memberikan kontribusi dalam konteks yang lebih besar. Jejaring strategis adalah relasi dan sumber informasi yang memberikan kekuatan pada Anda untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi kedepan.

Yang membedakan para pemimpin dari para manager adalah kemampuan mereka untuk menentukan arah ke depan serta kemampuan mereka melibatkan pihak-pihak yang dibutuhkan untuk sampai ke sana. Karena itu, jejaringnya pun perlu diarahkan ke luar dan ke arah masa depan. Kebanyakan orang belum memanfaatkan jejaring strategis ini dengan baik.

Langkah-langkah Membangun Jejaring

Dari berbagai diskusi dengan para manager, saya sering mendengar komentar, “Okay, saya mengerti sekarang bahwa network itu penting, tapi pekerjaan saya saja sudah sangat memakan waktu, tidak ada waktu lagi untuk membangun jejaring.” Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa memanfaatkan jejaring untuk mencapai hasil tertentu adalah salah satu bentuk KKN.

Apabila Anda tak menganggap membangun jejaring sebagai bagian yang penting dari pekerjaan Anda, maka Anda tidak akan mengalokasikan waktu dan tenaga untuk itu. Menganggap jejaring sebagai bagian penting dari pekerjaan Anda adalah langkah awal utama untuk membangun jejaring.

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun jejaring:

 

  • Alokasi waktu waktu Anda untuk membangun jejaring.
  • Mulailah membangun jejaring sekarang.
  • Peliharalah jejaring, makan waktu sampai jejaring bisa memberikan manfaat.
  • Cari kesempatan untuk memberi dan menerima dalam jejaring yang sudah dibangun.
  • Bukan hanya jumlah jejaring yang menentukan, kualitas hubungan sangat penting.

 

Hal-hal berikut ini mempengaruhi kualitas jejaring:

 

  • Pertemuan yang cukup teratur
  • Kedua pihak mendapat manfaat
  • Adanya tantangan yang dihadapi bersama
  • Saling percaya
  • Hubungan yang personal
  • Kenangan masa lalu bersama
  • Adanya musuh bersama

 

Membangun Jejaring Adalah Ketrampilan yang Perlu Dilatih

Membangun jejaring lebih ditentukan oleh kemauan daripada bakat. Ketika usaha awal untuk membangun jejaring gagal, beberapa orang cepat menyimpulkan bahwa membangun jejaring bukan termasuk bakatnya. Tetapi, membangun jejaring bukanlah bakat, juga bukan sesuatu yang membutuhkan kepribadian ekstrovert yang luar biasa. Membangun jejaring adalah ketrampilan yang perlu dilatih.

Saya sering melihat mereka yang meluangkan waktu dan usaha untuk membangun jejaring bukan hanya dapat mempelajari bagaimana membangun jejaring, tetapi juga menikmatinya. Mereka biasanya lebih sukses dalam karirnya dibandingkan mereka yang gagal memanfaatkan hubungan eksternal atau ngotot mendefinisikan lingkup pekerjaannya secara sempit.

 

Wednesday, 25 January 2012 07:48 | Written by Betti Alisjahbana

Manfaat Jejaring dan Cara Membangunnya

 
www.stisitelkom.ac.id www.di.stisitelkom.ac.id www.ktm.stisitelkom.ac.id
www.dkv.stisitelkom.ac.id www.dp.stisitelkom.ac.id www.srm.stisitelkom.ac.id
www.blog.stisitelkom.ac.id www.multimedia.stisitelkom.ac.id
www.elearning.stisitelkom.ac.id www.library.stisitelkom.ac.id
www.repository.stisitelkom.ac.id www.cloudbox.stisitelkom.ac.id
www.digilib.stisitelkom.ac.id www.mirror.stisitelkom.ac.id
www.sisfo.stisitelkom.ac.id www.hilfan.blog.stisitelkom.ac.id
www.telkomuniversity.ac.id www.stisitelkom.academia.edu
www.kuningmas-autocare.co.id www.usnadibrata.co.id www.askaf.co.id www.hilfans.wordpress.com www.hilfan-s.blogspot.com www.profesorjaket.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s