IndiPreneur Smart Bisnis

Guna mendukung pengembangan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) menghadirkan program Indonesia Digital Enterpreneur (INDIPreneur).  Program INDIPreneur dimaksudkan untuk membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan mengenai implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan e-commerce  serta memberikan kemampuan untuk menjalankannya.

KOMITMEN TELKOM

Program INDIPreneur merupakan komitmen Telkom untuk meningkatkan potensi 100.000 UMKM Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang efektif, untuk berbisnis dan berinteraksi secara online (e-commerce). Melalui Program INDIPreneur, UMKM lokal dapat mengembangkan bisnis dengan solusi TIK berkualitas dan terjangkau, seperti : koneksi broadband, web builder, web hosting, domain name dan e-commerce application yang dapat dinikmati secara gratis dan dioperasikan dengan mudah.

Telkom sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan UMKM, mengingat UMKM merupakan tulang punggung pertumbuhan perekonomian nasional. Terhitung sekitar 59 juta penduduk Indonesia bergerak sebagai pelaku UMKM yang memberikan kontribusi positif bagi pendapatan nasional, yaitu sebesar 56,5 persen dari total GDP Indonesia. Dimana 3,5 juta diantaranya merupakan wirausaha nasional yang telah berbadan hukum.

Program INDIPreneur merupakan salah satu upaya Telkom memberikan kontribusi nyata memajukan UMKM dengan konsep layanan menyeluruh mencakup penyediaan DNA-P (Device, Network, Application dan Platform).

Telkom juga menyediakan perangkat IT dengan pola leasing (sewa beli) bagi pelaku UMKM yang menghadapi kendala ketersediaan sarana. Sementara untuk akses ke internet broadband (termasuk akses wifi), serta penyediakan layanan Portal, Application dan Content (PAC) dengan teknologi Cloud Computing  disediakan secara gratis oleh Telkom. Teknologi Cloud Computing meliputi Infrastructure as a Service (IAAS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS). Semua solusi TIK tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk berbagai keperluan dalam mempromosikan perusahaan/produk, melakukan transaksi online serta kemudahan pengelolaan bisnis secara online.

TELKOM DUKUNG PELAKU UKM GO GLOBAL

Melalui program INDIPreneur, Telkom mengharapkan para pelaku UMKM dapat lebih memahami manfaat teknologi informasi secara efektif sehingga pelaku UMKM dapat berkiprah di pasar global dan dapat meningkatkan daya saing dari pelaku UMKM itu sendiri. Tidak hanya itu, aplikasi yang dikembangkan untuk UMKM ini juga menggunakan konsep open platform sehingga membuka kesempatan bagi pihak-pihak lain (content developer, application developer) untuk bermitra memperkaya content dan aplikasi tersebut dengan kemampuan lain yang mungkin dikembangkan.

Guna menyukseskan program ini pihaknya telah menyiapkan dana tidak kurang dari Rp 10 Milyar. Hingga saat ini sebanyak 4.235 pelaku UMKM telah memperoleh manfaat dari program INDIPreneur, sementara pada pada 2013 ini Telkom memproyeksikan sebanyak 100.000 pelaku UMKM akan bergabung dalam program ini. Para pelaku UMKM tidak harus terbebani biaya yang tidak relevan dengan bisnisnya, karena biaya hanya dibebankan ketika melakukan transaksi bisnis saja yaitu berkisar Rp.500 – Rp.1000,- per transaksi.

Adanya Program INDIPreneur, tentunya dapat meminimalisir berbagai entry barrier yang dihadapi wirausaha nasional dalam memperluas pasar bisnisnya. Ditegaskannya, INDIPreneur diharapkan dapat memberi manfaat ekonomi secara nyata bagi masyarakat Indonesia dan menjadikan masyarakat Indonesia mampu mendunia.

Program INDIPreneur merupakan bagian dari Mega Proyek “Indonesia Digital Network” (IDN) yang mentargetkan 5 juta pelanggan broadbanddan penyediaan 1 juta wifi pada tahun 2013. Selanjutnya program tersebut diimplementasikan untuk mewujudkan Indonesia Digital Society (InDiSo) yang akan meningkatkan daya saing masyarakat Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Persembahan Telkom Indonesia untuk Indonesia.”

 

 

Untuk Keterangan Lebih Lanjut, hubungi :
ARIF PRABOWO
Operations Vice President Public Relations
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
Phone : 62-22-4527455
Fax  : 62-22-4521411
e-mail : corporate_comm@telkom.co.id
website : http://www.telkom.co.id

 

Untuk melakukan registrasi : http://www.smartbisnis.co.id/site/register

IndiPreneur Smart Bisnis

Sumber : http://www.smartbisnis.co.id/page/tentang-smartbisniscoid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s