Tools Yang Harus Dimiliki Hacker

Terdapat beberapa tools yang tersedia secara gratis yang biasanya harus dimiliki oleh seorang hacker. Tools berikut ini merupakan tools yang dikembangkan oleh komunitas dan juga sumber lain yang memang bergerak untuk mengembangkan alat hacking, atau setidaknya digunakan untuk mencoba security sebuah aplikasi. Seorang hacker pro, biasanya memiliki tools tersendiri yang berasal dari keterampilan coding yang sangat baik yang telah dimiliki, dan hal tersebut tidak semuanya bebas didapatkan, karena merupakan hasil karya ciptas melalui berbagai pengalaman dan waktu yang tidak sedikit. Berikut saya berikan ulasan beberapa tools gratis yang dimaksud.

 

 

1. NMAP

Nmap (Network Mapper) merupakan software open source yang berfungsi untuk eksplorasi jaringan atau audit keamanan. Ia membantu dalam hal memindai jaringan yang besar secara cepat. Mayoritas sistem dan administrator jaringan menemukan utilitas ini bermanfaat untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan persediaan, mengelola jadwal upgrade layanan, dan pemantauan uptime host atau layanan jaringan.

Nmap dapat berjalan di berbagai jenis komputer melalui command line maupun versi grafis yang tersedia. Alat ini dapat berguna untuk pemula (-sT) atau dengan pro (packet_trace). Alat ini sangat serbaguna, apalagi setelah anda mengetahui hasilnya.

2. Nessus Remote Security Scanner

Nessus bekerja dengan kerangka kerja client-server. Nesus diakui sebagai scanner pengecek kerentanan sistem yang paling populer di dunia yang digunakan oleh lebih dari 75.000 organisasi di seluruh dunia. Beberapa organisasi terkemuka bisa merealisasikan penghematan biaya besar dengan bantuan Nessus dan ini merupakan software opensource.

3. Wireshark

Wireshark merupakan GTK +-berbasis protokol Wiresharknetwork analyzer, atau sniffer, yang memungkinkan Anda untuk menggambarkan dan menelusuri isi dari sebuah frame jaringan. Dia dapat menciptakan analyzer untuk Unix yang berkualitas layaknya software komersial lainnya dengan cara memanipulasi sistem dengan meminjamkan Wireshark fitur-fitur untuk menggantikan fitur-fitur yang hilang/hidden dari sebuah sumber sniffers tertutup. Alat ini berjalan sempurna pada OS Linux dan Windows serta mudah digunakan. Selain itu dapat membangun kembali TCP / IP Streams!

4. Cain and Abel

Sering dianalogikan sebagai sebuah Swiss Armynya dalam hacking tools, Cain & Abel sebenarnya alat pemulihan sandi yang digunakan untuk Microsoft OS. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memulihkan berbagai jenis password dengan mengendus jaringan, melanggar password terenkripsi dengan bantuan Dictionary, Brute-Force dan serangan kriptoanalisis. Hal ini juga membantu dalam percakapan VoIP rekaman, memutar decoding password, meneguhkan kotak password, mengungkap password cache, dan menganalisis protokol routing. Alat ini tidak menggunakan kerentanan sebuah software atau bug yang sulit untuk diperbaiki namun dampaknya yang minim.

5. Kismet

Kismet mengacu pada jaringan nirkabel layer 2 detektor 802.11, sniffer, dan sistem deteksi pelanggaran. Alat ini bekerja dengan kartu nirkabel yang mendukung monitoring mentah (rfmon) modus, dan dapat mengendus  lalu lintas 802.11b, 802.11a, dan 802.11g. Kismet adalah alat nirkabel yang baik jika kartu Anda mendukung rfmon

6. NetStumbler

Inilah alat nirkabel yang dipergunakan untuk Windows! Namun, tidak sekuat rekan-rekan Linux, NetStumbler  lebih sederhana dan fitur antarmuka yang bagus. Hal ini biasanya cocok bagi para Hacker pemula. NetStumbler sebenarnya adalah alat untuk Windows OS yang memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi Wireless Local Area Networks (WLAN) dengan bantuan 802.11b, 802.11a dan 802.11g.

7. SuperScan

SuperScan adalah scanner port TCP , pinger, resolver yang power full. Ini merupakan update dari sebagian besar alat scanning port Windows yang terkenal, SuperScan. Mereka yang mencari pengganti untuk nmap pada Windows dengan antarmuka yang layak, dapat menggunakan alat ini.

 

Terjemahan bebas dari : http://efytimes.com/e1/fullnews.asp?edid=118956

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s