Desain Interior Kantor Keren Masa Depan

5 Kantor Paling Keren di Masa Depan

 

Mendulang banyak kesuksesan tak membuat perusahaan-perusahaan besar dunia lantas merasa puas. Tengok saja, pendiri perusahaan Facebook dan Apple tetap berusaha menciptakan suasana kerja yang nyaman dengan membangun kantor baru bagi para pegawainya.

Seperti dikutip dari Inc.com, Rabu (1/1/2014), kantor Apple rencananya akan rampung pada 2016.Kantor barunya nanti dapat menampung sekitar 13 ribu pekerja lengkap dengan berbagai fasilitas modern.

Gaya bangunan super modern ternyata tak hanya dibangun Apple. Berikut Desain Interior Kantor Keren Masa Depan:

5 Kantor Paling Keren di Masa Depan

1. Apple

Lokasi: Cuptertino, California
Pelaku Proyek: Anton Menlo
Target waktu penyelesaian bangunan: 2016

Bangunan perusahaan teknologi Apple yang akan datang berbentuk seperti pesawat ruang angkasa terlihat sangat luar biasa. Namun tujuan pembangunan bangunan tersebut adalah agar lokasinya terintegrasi sebaik mungkin dengan lingkungan.

Bangunan berbentuk lingkaran tersebut dikitari padang rumput. Sementara itu, melewati lapangan luas dan jalan yang berkelok-kelok, terdapat ruang parkir bawah tanah.Tujuan pembangunan parkir bawah tanah tersebut ditujukan untuk membuat tempat disekitarnya tetap terlihat alami.

Bangunan tersebut akan menampung sekitar 13 ribu karyawan lengkap dengan area fitnes dan kafe berkapasitas 3.000 orang. CFO Apple Peter Oppenheimer mengatakan konsep tersebut dirancang dengan konsep kolaborasi dan keindahan. Rampungnya bangunan tersebut akan menjadi simbol persatuan perusahaan mengingat saat ini karyawannya masih tersebar di 57 bangunan kantor berbeda.

 

5 Kantor Paling Keren di Masa Depan

2. Facebook

Lokasi: Menlo Park, California
Pelaku Proyek: Frank Gehry
Target waktu penyelesaian bangunan: 2015

Selamat datang di kantor masa depan Facebook yang dirancang arsitek handal Frank Gehry. Meski demikian sebagian besar desain bangunan tersebut datang dari CEO Facebook Mark Zuckerberg. Pendiri jejaring sosial ternama tersebut meminta Gehry membangun kantor yang besar dan terbuka.

Sang arsitek lalu membangun sejumlah ruang pertemuan yang berada dalam satu tempat yang sama. Selain itu, meja kerjanya pun dirancang secara khusus dengan gaya yang memukau. Selain itu, setiap pegawai memiliki pintu akses ke setiap sudut bangunan.

Para pegawainya bisa makan, tidur dan bekerja di kantor tersebut. Selain bangunan utama, arsiteknya juga membangun taman di atas gedung, selain itu tamannya juga tersebar di sepanjang jalan dan di sekitar lapangan olahraga. Selain itu terdapat juga hutan mini yang dipenuhi kebun sayur.

Bangunan tersebut dirancang untuk mengakomodasi 3.400 pegawai Facebook. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan transportasi khusus bagi seluruh pegawainya. Terdapat juga arena hiburan untuk berenang, berpesta dan bermain bola.

 

5 Kantor Paling Keren di Masa Depan

3. New Lab

Lokasi: Brooklyn, New York
Pelaku Proyek: Macro Sea
Target waktu penyelesaian bangunan: 2014

Kawasan industri paling bersejarah yang dikenal sebagai Brooklyn Navy Yard saat ini tengah direnovasi. Bangunan bernama New Lab tersebut dibangun di atas lahan seluas 160 ribu kaki persegi.

New Lab dirancang untuk menjadi model kawasan industri nasional yang berkelanjutan. Meski direnovasi, tetapi kerangka dasarnya masih sama dengan bangunan yang pertama. Para pegawainya akan memiliki fasilitas manufaktur yag lebih modern dan tambahan kantor untuk para pebisnis kecil.

Pengusaha, para pakar bisnis, dan pelaku bisnis sampingan dari berbagai disiplin ilmu akan bekerja berdampingan. Para seniman dan desainer akan berbagi studio dalam area tersebut.

 

5 Kantor Paling Keren di Masa Depan

4. Green Office

Lokasi: The Netherlands
Pelaku proyek: RAU Architects
Target waktu penyelesaian bangunan: 2014

Energi dihasilkan melalui proses biotope dengan memanfaatkan energi kinetik dari orang-orang yang bergerak di dalamnya. Selain itu, limbah kertas pun diolah kembali untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Terdapat juga turbin angin kecil dan pemanfaatan energi dari sinar matahari. Kantor tersebut berusaha memanfaatkan energi alam yang tersedia.

 

5 Kantor Paling Keren di Masa Depan

5. Nvidia HQ
Lokasi: Santa Clara, California
Pelaku proyek: Gensler
Target waktu penyelesaian bangunan: 2015

Selama lebih dari 20 tahun terakhir, perusahaan grafis Nvidia telah berkembang pesat dari tiga karyawan menjadi 8.000 pegawai. Seluruh pegawainya tersebar di 40 lokasi berbeda. Saat ini, perusahaan tersebut bermaksud menyatukan seluruh karyawannya.

Konsultan proyek pembangunan kantor tersebut, Lisa Bottom mengatakan, kantor baru itu hanya akan terdiri dari satu atau dua lantai. Pasalnya memisahkan karyawan dengan terlalu banyak lantai hanya akan mengurangi efektivitas komunikasi di kantor.

Perusahaan tersebut juga akan merancang komputer khusus yang diciptakan menggunakan berbagai teknologinya. Selain itu, bentuk bangunannya pun bergaya sangat modern.(Sis/Shd)

 

Sumber : http://bisnis.liputan6.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s