Pengalaman GolPut

 

Sumber Gambar untungkasirin.wordpress.com
Kenapa GolPut? Sumber Gambar untungkasirin.wordpress.com

Pengalaman saya pribadi pernah golput 2 kali di pemilihan Presiden 2009 dan Pemilihan Walikota, setelah dipikir-pikir dengan tidak memilih menjadi lebih parah, karena kita lepaskan semua pada pasar, dan kita menjadi manusia yang tidak berani bertanggung jawab atas lingkungan, dan saya jadi merasa acuh tak acuh pada pemerintahan yang berjalan karena merasa tidak memilih, dan ini sangat tidak memberi kontribusi bagi perbaikan sistem.
Sebelumnya sempat berfikir, bahwa dengan banyak yang GolPut, anggap 60%, maka pemerintah akan menyadari bahwa sistem gagal, sehingga harus direkayasa ulang. Bisa jadi ada kekosongan pimpinan, dan ini bisa berakibat chaos.

Namun ternyata dengan sistem demokrasi yang kita anut, walaupun ada 99% GOLPUT dan 1% pemilih maka yang 1% itu diakui… Nah lo, bagaimana kalau yang 1% itu justru yang paling kacau diantara semua pilihan, maka akhirnya saya sadar untuk ikut memilih dengan resiko yang harus saya tanggung, hidup adalah resiko yanh harus kita pertanggung jawabkan bukan? setidaknya saya memilih yang menurut saya terbaik dari semua pilihan, toh dalam hidup ini juga tidak ada yang sempurna. Sehingga jika kita sudah merasa yang paling benar dan orang yang dipilih itu dianggap tidak ada yag benar, mungkin kita sudah termasuk dalam golongan orang munafik yang merasa sok suci. Semoga Allah selalu memberikan taufik dan hidayah kepada kita. InshaAllah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s