Template yang Seo Friendly

Dalam SEO sebenarnya ada dua kategori yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Template Design itu termasuk dalam SEO On Page yaitu optimasi SEO dari dalam website. Aspek-aspek apa yang harus ada dalam kategori template yang seo friendly? mari kita simak.

Blog Design for Killer SEO Infographic

 

Design Template SEO Friendly

Professional Design, ini merupakan factor terpenting dalam menentukan template yang seo friendly, design template yang professional itu akan mengurangi tingkat bounce rate pada website kita, dan secara tidak langsung juga dapat menaikan page view karena mendapatkan kepuasan tersendiri dari pengunjung.

Search Box, untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajah website kita saya rasa ini sangat penting jika kita menggunakan search box pengunjung dapat dengan mudah mencari dan mengakses sesuatu yang ada pada website kita.

RSS Feed, ini berfungsi mendorong pengunjung untuk berlangganan sesuatu yang ada pada website kita. Sebenarnya anda harus memperbaiki isi konten terlebih dahulu sebelum memasang RSS pada website, dan yang tidak kalah penting adalah penempatan RSS harus tepat.

Breadcrumbs, selain untuk memudahkan pengunjung dalam penelusuran fungsi lain yang tidak kalah penting dari Breadcrumb adalah untuk penunjuk navigasi search engine dalam proses pengindeksan website kita dengan menggunakan Breadcrumb website kita akan terlihat terstruktur.

Navigations, Navigations yang terletak di sidebar bisa terdiri dari kategori artikel yang kita buat maupun recent update, ini sangat umum dan kebanyakan orang juga sudah menggunakan fasilitas ini.

Images, terlalu banyak gambar dalam website terkadang membuat website tampak lambat dalam loading pagenya tetapi sebenarnya gambar adalah aspek penting untuk meningkatkan daya tarik pengunjung ke website kita, terkadang gambar juga bisa menerjemahkan maksud artikel yang kita tulis, untuk mengatisipasi kelambatan dalam loading page kita harus merisize gambar tersebut sebelum di upload dan jangan lupa untuk memberikan alternate text, atribut dan definisi gambar tersebut.

Keep it above the fold, ini merupakan tempat dimana pengunjung akan melihat tampilan utama website kita sebelum mereka melakukan scroll kebawah. Tentukan seberapa besar tamplan website anda dan apa saja yang ada didalam tampilan utama sebelum scroll kebawah, biasanya pada tinggi desktop browser kita adalah 768 pixels.

Quality Content, Content is a King banyak yang menyebut seperti itu karena inti dari website kita itu adalah isi konten tersebut, dan kalian harus tahu bagaimana caranya untuk menulis konten yang berkualitas dan baik untuk SEO.

Don’t overdo links, external link dalam satu halaman kita tidak boleh banyak-banyak, kita harus membatasi paling tidak maksimal 20 eksternal link karena google tidak suka terlalu banyak link keluar dalam sebuah halaman website.

Ads Space, berikan space kosong dalam website kita untuk penempatan ads atau iklan. Selain kita mendaptkan keuntungan dari iklan tersebut, pemberian iklan juga bisa menandakan website kita menarik, tetapi ingat jangan meberiklan iklan terlalu berlebihan karena pengunjung tidak akan menyukainya.

Comment, website yang baik adalah website yang bisa berinteraksi dengan pengunjungnya, comment merupakan salah satu fasilitas yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pengunjung website kita.

Sharing for everyone, buatlah content kita mudah untuk di share kebeberapa social media karena itu sangat berpengaruh pada traffic yang kita dapatkan.

Test for speed, google sangat mencermati loading page website kita selain itu resiko lain yang kita dapatkan adalah visitor akan pergi karena menganggap website terlalu berat untuk dibuka.

Crawl & validate,  test website anda dengan SEO tools yang ada di internet untuk mengetahui kekurangan-kekurangan apa saja yang ada pada website kita.

Disadur dari : seomoz.org, skysoft.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s