Steam Machine Prototipe Konsol Pesaing PS4 dan Xbox One

Steam Machine Prototipe Konsol Pesaing PS4 dan Xbox One
Steam Machine Prototipe Konsol Pesaing PS4 dan Xbox One

Pengembang video game ternama asal Washington, Valve, selama ini dikenal memiliki sebuah platform distribusi video game digital, yaitu Steam. Platform Steam kerap diandalkan para gamer di berbagai penjuru dunia untuk membeli ataupun melakukan update konten video game.



Namun sejak awal tahun 2013 lalu, Valve dikabarkan memiliki ambisi untuk menghadirkan sebuah perangkat yang dapat terintegrasi dengan platform Stream secara online. Meski telah dipastikan bakal mengusung nama ‘Steam Machine’, namun konsep hardware dari Steam Machine sendiri masih dirahasiakan.

Akan tetapi rahasia tersebut kini telah terungkap. Menurut yang dilansir laman The Verge, Rabu (6/11/2013), Valve telah merilis konsep prototipe Steam Machine yang ternyata berupa sebuah konsol game.

Hal ini sekaligus menggugurkan dugaan sejumlah pihak yang memperkirakan bahwa Steam Machine bakal hadir dalam konsep menyerupai personal computer (PC) khusus bermain game. Pihak Valve menjelaskan, konsep ini pada akhirnya sengaja mereka rilis agar para calon produsen pihak ketiga (third-party) Steam Machine mendapatkan gambaran, dan lebih mudah menyesuaikan spesifikasi yang disertakan.

Sementara itu, untuk kontroler Steam Machine, pihak Valve mengaku bakal memproduksi dan menjualnya sendiri, tidak diserahkan pada produsen third-party.

Valve sendiri menargetkan Steam Machine dapat diperkenalkan pada publik di gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2014 yang akan diselenggarakan bulan Januari 2014 mendatang.

Bila nantinya proses produksi massal Steam Machine dapat terwujud, dipastikan konsol game besutan Valve itu akan menjadi pesaing berat dua konsol game next-gen, PS4 dan Xbox One. Pihak Microsoft selaku pembesut Xbox One pun disinyalir terus mengawasi gerak-gerik Valve selama mempersiapkan Steam Machine.

`Dapur Pacu` Steam Machine, Konsol Pesaing PS4 & Xbox One
`Dapur Pacu` Steam Machine, Konsol Pesaing PS4 & Xbox One

Untuk sementara PlayStation 4 dan Xbox One memang masih menguasai pasar konsol game generasi terbaru. Namun dominasi keduanya diperkirakan akan segera diganggu oleh kehadiran sebuah konsol yang kabarnya bakal mengusung nama ‘Steam Machine’.

Konsol game besutan Valve itu kabarnya tengah memasuki proses uji coba. Steam Machine diuji oleh sekitar 300 gamer dari berbagai kalangan. Namun anehnya, menurut yang dilaporkan laman Computer and Video Games (CVG), Kamis (19/12/2013), dari 300 unit Steam Machine yang diuji cobakan, seluruhnya mengusung spesifikasi yang berbeda-beda.

Saat proses pengujian berlangsung, Valve pun mempersilahkan para pengujinya membongkar konsol Steam Machine dan melihat langsung dapur pacu yang diusungnya. Ketika dibongkar, ternyata konsol Steam Machine memiliki jeroan layaknya PC gaming kelas atas.

Di dalamnya terdapat berbagai komponen seperti prosesor, harddisk serta kartu grafis khusus game yang dikenal memiliki kinerja mumpuni. Akan tetapi, Steam Machine menjadi berbeda dengan PC karena berjalan di atas sistem operasi Steam OS.

Valve sendiri hingga saat ini belum menentukan spesifikasi seperti apa yang nantinya akan diusung oleh Steam Machine. Namun yang pasti, ekosistem judul video game konsol ini akan lebih kaya dibandingkan PS4 dan Xbox One karena dapat mengakomodasi video game berbasis PC. 

Awalnya pengembang video game ternama asal Washington itu selama ini dikenal memiliki sebuah platform distribusi video game digital, yaitu Steam. Platform Steam kerap diandalkan para gamer di berbagai penjuru dunia untuk membeli ataupun melakukan update konten video game.

Namun sejak awal tahun 2013 lalu, Valve dikabarkan memiliki ambisi untuk menghadirkan sebuah perangkat yang dapat terintegrasi dengan platform Stream secara online. Meski telah dipastikan bakal mengusung nama ‘Steam Machine’, namun konsep hardware dari Steam Machine sendiri masih belum ditetapkan.

Sumber : tekno.liputan6.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s