Fungsi Breadcrumbs dalam SEO

Breadcrumbs adalah sebuah navigasi pada blog yang biasanya memberikan informasi kepada pengunjung blog, dimana posisinya sekarang. Maksudnya, posisi atau letak postingan yang mereka baca. Sedangkan definisi yang dibuat oleh Wikipedia seperti ini “Breadcrumbs or breadcrumb trail is a navigation aid used in user interfaces”, semoga Anda mengerti artinya. Breadcrumbs merupakan gambaran bagi siapa saja yang ingin memperhatikan bahwa sebuah blog atau website yang terpasang breadcrumbs adalah seperti akar atau tangga yang bertingkat-tingkat. Biasanya tingkat tertinggi adalah home/beranda dari blog atau website itu sendiri. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:

breadcrumbs adalah dan fungsinya

 

Ya, ketika Anda melihat gambar di atas. Dengan mudah mungkin dapat memberikan pengertian sendiri mengenai breadcrumbs ini. Lihat kembali strukturnya, You are here: Home / Music / Listen, jadi jelas bukan kalau breadcrumbs sebenarnya adalah seperti struktur tangga atau akar dalam sebuah pohon. Listen mewakili serabut akar paling halus, kemudian membesar ke Music (bisanya menunjukkan label postingan), kemudian berakhir pada pangkal akar itu sendiri atau Home (tampilan muka/beranda dari blog atau website). Untuk lebih jelasnya, breadcrumbs mungkin juga dapat dikatakan struktur file dalam sebuah blog. Mirip struktur file dalam sebuah file di dalam komputer.

 

breadcrumbs adalah dan fungsinya

 

Apa fungsi dari breadcrumbs ini ? Terus apakah breadcrumbs berguna dalam SEO (Search Engine Optimization) sebuah blog. Berikut penjelasan saya mengenai manfaat atau fungsi breadcrumbs.

Breadcrumbs berfungsi untuk :
– Memberikan kemudahan navigasi bagi pengunjung blog atau website
– Breadcrumbs berfungsi untuk membantu untuk memberikan orientasi, menunjukkan jalan kepada mereka para pengunjuing blog Anda untuk mengetahui lokasi dimana postingan mereka baca.
– Link atau tatutan yang ada di breadcrumbs membantu para pengunjung blog Anda dengan cepat untuk kembali ke halaman awal meraka kunjugi atau setidaknya kembali ke beranda / home blog atau website Anda.
Lantas, adakah fungsi atau manfaat breadcrumbs dalam hal SEO blog Anda. Berikut info yang saya dapat terkait manfaat breadcrumbs untuk SEO.
– Keyword Density-breadcrumbs menambahkan keyword atau kata kunci yang Anda fokuskan bangun dalam halaman blog Anda, building desinty.
– Untuk index halaman oleh Google. Dalam pencarian google, biasanya si mesin pencari ini juga menyertakan navigasi blog yang sedang di cari, atau bisa dikatakan bahwa google juga mengindex navigasi terkait keyword yang Anda isikan dalam kotak pencariannya. Contoh, mungkin yang bisa menjelaskan hal ini adalah ketika saya menuliskan di kotak pencarian google “berita wanita”, atau “info wanita”, maka dalam salah satu hasil pencariannya terlihat seperti berikut ini (blog yang menerapkan breadcrumbs untuk blognya).

 

breadcrumbs adalah dan fungsinya

Jadi, untuk SEO (Optimasi mesin Pencari) ini dengan breadcrumbs, banyak keyword atau kata kunci yang dapat diindex oleh google dalam blog Anda.

Sumber : Mengenal Breadcrumbs dan Fungsinya dalam SEO

mengenai pengertian breadcrumbs, bagaimana manfaat dan fungsi breadcrumbs, hingga sedikit saya serempet mengenaimanfaat breadcrumbs untuk SEO.

One thought on “Fungsi Breadcrumbs dalam SEO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s